Friday, December 16, 2011

PERANG BARU DI TIMTENG ANTARA AS VS IRAN SANGAT MUNGKIN TERJADI

Kemungkinan perang baru di Timteng terjadi lagi sangat besar. AS sudah mulai melakukan manuver thd Iran dg mengkapitalisasi jatuhnya drone miliknya di wilayah Iran. Obama mengatakan AS minta agar pesawat tanpa awak tsb dikembalikan olh Teheran yg, tentu saja, menolak. AS jug telah mengirim opretor klandestin (CIA) yg sempat ditangkap Iran. Konggres AS melengkapinya dg membuat UU yg melarang hubungan ekonomi dg Iran. Perang baru ini akan memakai Israel scr langsung maupun sbg proxy. 

Negara pendukung AS yg utama seperti Inggris dan Jepang serta negara Eropa lain pun sudah "bergerak" dalam menyiapkan perang baru. Inggris memutuskan hub ekonomi dan diplomasi dg Iran, sedangkan Diet jepang juga membuat peraturan yang membatasi hubungan ekonomi Jepang dan Iran. Australia sudah lebih dahulu melakukan pembatasan thd Iran dalm hubungan diplomasi da ekonomi. Kendati negara-negara Timur Tengah belum secara terbuka mengamini langkah AS, tetapi hampir tidak dapat diharapkan akan ada reaksi serius yg menolak perang baru tsb. Mungkin Irak dan Syria akan bersuara keras, namun kekuatan mereka tidak akan berarti apalagi kedua negara tsb masih harus melakukan PR menghadapi masalah dalam negeri sendiri.

Walhasil, sebuah perang baru antara AS dan sekutunya akan segera terjadi. Jika Iran tdk dapat ditundukkan dengan cepat, katakanlah setahun setelah serangan pertama, maka eskalasi perang akan sangat besar di kawasan, dan AS akan semakin terpuruk dalam kehidupan ekonomi di dalam negeri.


Lihat tautan di bawah ini:

http://www.presstv.ir/detail/215870.html
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

FP GUSDURIANS